PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN GURU EKONOMI TERHADAP KEPUASAN SISWA DI SMA NEGERI 2 SENTAJO RAYA

Siti Mukroni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pembelajaran guru
Ekonomi dilihat dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran
dan penilaian hasil pembelajaran terhadap kepuasan siswa. Penelitian dilakukan pada
bulan Oktober – November tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
SMAN 2 Sentajo Raya yang berjumlah 232 Orang. Pemilihan sampel penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode ukuran sampel minimum yang diambil
sejumlah 50 orang. Alat analisis penelitian menggunakan analisis mean skor dan
regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa secara
parsial kualitas pembelajaran Guru Ekonomi dilihat dari aspek : 1). Perencanaan
pembelajaran tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa, 2) Pelaksanaan
pembelajaran guru berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan siswa, 3)
Penilaian hasil pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa.
Secara simultan kualitas pembelajaran guru ekonomi dilihat dari aspek perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran
berpengaruh terhadap kepuasan siswa.


Keywords


Kepuasan siswa, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.9.2.140-150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PEKBIS ( Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis )