MANAJEMEN PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH

Sumarno '

Abstract


Sekolah sebagai organisasi yang memiliki tujuan mengembangkan potensi diripeserta didik melalui proses pembelajaran, tentu sangat terkait dengan organisasipembelajar dan bahkan menjadi hal yang sangat penting. Karena dalam organisasipembelajar sangat berkepentingan dengan manajemen pengetahuan maka sekolahseharusnya menyelenggarakan manajemen pengetahuan agar potensi diri pesertadidiknya dapat dikembangkan secara optimal dan bermanfaat bagi diri peserta didik,masyarakat, bangsa, dan negara, sehingga mutu sekolah dapat diakui masyarakat.Organisasi pembelajar dengan menerapkan manajemen pengetahuan akan sangatpotensial untuk dapat membawa kemajuan organisasi sekolah. Penerapanmanajemen pengetahuan di sekolah perlu dilakukan sebagai pelengkap danpengintegrasian dari manajemen berbasis sekolah yang sekarang ini masihterpisah-pisah dalam masing-masing manajemen komponen sekolah. Adanyamanajemen pengetahuan, informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari masing-masing manajemen komponen sekolah dapat dihimpun, dibagikan, dandimanfaatkan oleh seluruh individu sekolah. Bila sekolah dapat menerapkanmanejemen pengetahuan, akan mendorong munculnya budaya knowledge sharingdan learning habit yang melibatkan seluruh personel di dalam sekolah, baik kepalasekolah itu sendiri, guru, maupun murid. Adanya budaya tersebut akanmeningkatkan pengetahuan masing-masing yang kemudian akan menjadipengetahuan orang lain bahkan organisasi, sehingga semua pihak menjadi lebihkompeten. Lebih kompetennya semua pihak pada akhirnya menjadikan mutusekolah menjadi meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.4.02.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)