PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Sahyar '

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk menganalisis besarnyapengaruh kompetensi dosen dan proses pembelajaran terhadap kepuasanmahasiswa program studi pada pendidikan tinggi Sumatera Utara baik secarasimultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus pada 44progam studi S1 Manajemen PTS Sumatera Utara. Data yang digunakan dalampenelitian ini adalah data primer dengan alat pengumpul data melalui kuesioner.Responden penelitian adalah ketua atau sekretaris program studi dan mahasiswapada masing-masing program studi. Keabsahan dan kehandalan kuesioner diujiterlebih dahulu sebelum pengujian hipotesis. Analisis data untuk pengujian hipotesismenggunakan analisis jalur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi dosendan proses pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa,artinya program studi dengan kompetensi dosen dan proses pembelajaran yangbaik akan dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa pada program studi. Secaraparsial dari kedua variabel independen, kompetensi dosen memberikan pengaruhlebih besar dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa pada program studidibandingkan proses pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.1.03.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)