PENGUKURAN KINERJA MELALUI JUST IN TIME DAN BALANCE SCORECARD

Al Azhar A

Abstract


Just in time adalah suatu sistem berdasarkan tarikan permintaan yangmembutuhkan barang untuk ditarik melalui sistem oleh permintaan yang ada, bukandidorong ke dalam sistem pada waktu tertentu berdasarkan permintaan yangdiantisipasi. JIT berfokus pada eliminasi pemborosan, pengurangan persediaan danpengembangan hubungan dengan supplier yang kuat, peningkatan keterlibatan parakaryawan dan pengembangan program-program yang berfokus pada pelanggan,sehingga JIT membantu perusahaan untuk menjadi lebih efisien dan dapat dikelolasecara lebih baik, sehingga dapat menghasilkan laba yang lebih baik danmemberikan tingkat kepuasan yang lebih kepada pelanggan dari pesaing.Balanced scorecard terdiri atas sekumpulan ukuran kinerja yang terintegrasiyang diturunkan dari strategi perusahaan dan mendukung strategi perusahaansecara keseluruhan. Perusahaan dapat mengukur seberapa besar berbagai unitbisnis mereka menciptakan nilai bagi para pelanggan perusahaan saat ini dan yangakan datang, dan seberapa banyak perusahaan harus meningkatkan kapabilitasinternal dan investasi di dalam sumber daya manusia, sistem dan prosedur yangdibutuhkan untuk meningkatkan kinerja yang akan datang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.1.01.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)