ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BMT AL ITTIHAD RUMBAI DALAM MEMPERLUAS PASAR

Nofrizal '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran BMT Al Ittihad Rumbai dalam memperluas pasar dan menemukan posisi strategi dari BMT Al Ittihad Rumbai. Objek dari penelitian ini adalah seluruh cabang BMT Al Ittihad Rumbai yang berada dipekanbaru yang berjumlah 3 cabang. Sampel dari penelitian ini menggunakan proposive sampling kepada pihak manajemen BMT seperti Kepala cabang dan manajer. Tahapan dalam penelitian ini mengunakan metode diskriptif dengan tahapan analisis berawal dari penentuan variable SWOT dari faktor Eksternal dan Internal yang di anggap berpengaruh terhadap BMT Al Ittihad Rumbai, selanjutnya setalah ditemukan dan dibobot dari setiap indikator lalu tahapan berikutnya adalah penetuan posisi strategi dengan sumber data dari analisis SWOT sebelumnya dengan mengunakan Matrik SWOT-8K, setalah ditemukan posisi strategi maka tahapan berikutnya penyusunan dan perumusan strategi dengan munggunakan Matrik TWOS yang terdiri dari strategi Strength- (SO), Strength- (ST), Weakness- opertonity (WO) dan Weakness- Treath (WT). Hasil dari penelitin ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah adalah (1) Membuat dan Mengembangkan applikasi BMT Al Ittihad pada Smartphone sesuai dengan sistem syariah, (2) Meningkat kegiatan promosi di media pemasaran offline dan online yang masih belum dilaksanakan oleh BMT Al Ittihad karena kegiatan ini akan sekaligus mempromosikan kepada masyarakat Riau khususnya masyarakat muslim dan (3) Menjadi Sponsor pada Acara/ Kegiatan islami dengan menjadi sponsor dan posisi strategi BMT Al Ittihad Rumbai berada pada Strategi Pertumbuhan Stabil (stable Growth Strategy)

Keywords


Pemasaran, strategi, BMT

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.8.3.228-240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)