ANALISIS KEUNGGULAN KOMPARATIF LADA INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

Agung Hardiansyah, Djaimi Bakce, Ermi Tety

Abstract


Lada merupakan salah satu komoditas ekspor yang sangat penting bagi Indonesia.Pasar lada dunia masih memiliki potensi yang sangat tinggi, yang ditunjukkanmeningkatnya konsumsi dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis keunggulan komparatif lada Indonesia di pasar internasional. Datayang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series tahun 2000-2012 yangbersumber dari Food And Agriculture Organization, United Nation Commodity TradeStatistic, Badan Pusat Statistik Republik Indonesia dan lainnya. Metode analisisdata yang digunakan adalah analisis Reveled Comparative Advantage (RCA). Hasilpenelitian menunjukkan bahwa nilai RCA selama periode 2000-2012 lebih besardari 1, yang menunjukkan bahwa lada Indonesia memiliki keunggulan komparatifuntuk komoditas lada. Lada Indonesia memiliki keunggulan komparatif dilihat daripotensi sumberdaya alam yang sangat mendukung, areal tanam yang luas dankondisi iklim yang mendukung dalam pengusahaan lada.

Kata Kunci: Lada, keunggulan komparatif, perdagangan internasional


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.7.2.85-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)