MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI

Sumarno '

Abstract


Aktivitas belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riaudalamperkuliahan Pendidikan IPSyang hanya memaparkan konsep-konsep dan contohserta tanya jawab, ternyata masih sangat rendah. Tanya jawab untuk mengungkapmasalah-masalah dalam kehidupan sehari-hariyang terkait dengan pendidikan IPShanya didominasi oleh sebagian kecil mahasiswa. Untuk itu perlu metodepembelajaran inkuiri agar mahasiswa aktif dalam kegiatan belajarnya dan mampumengembangkan kemampuan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untukmemperbaiki proses perkuliahan Pendidikan IPS agar aktivitas belajar mahasiswaPendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau dapat meningkat.Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan metode inkuiri dalamperkuliahan Pendidikan IPSdi Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UniversitasRiausemester genap tahun ajaran 2011/2012. Jumlah mahasiswa dalam kelas iniada 36 orang yang terdiri 5 (lima) orang laki-laki dan 31 orang perempuan.Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwaadapeningkatan aktivitas belajar mahasiswa secara signifikan dari sebelumpelaksanaan tindakan yang tergolong rendah menjadi kategori cukuppada siklus Idan meningkat menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus II. Peningkatanaktivitas belajar mahasiswa seiring dengan peningkatan kegiatan dosen yang padaperkuliahan sebelum tindakan hanya ada tujuh unsur kegiatan, sedangkan padasiklus I mengalami peningkatan menjadi 11 kegiatan dengan kategori cukup, danpada siklus II meningkat menjadi kategori baik.

Kata Kunci: metode inkuiri, aktivitas belajar, pendidikan ips.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.5.2.73-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)