ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) KOTA PEKANBARU

Putri Rosalina Harahap, Henny Indrawati, Mujiono Mujiono

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of location, service, and religiosity on customer interest in saving at Bank Syariah Indonesia. The research sample is 50 customers taken by using accidental sampling technique. This research is a quantitative research and uses a questionnaire as a data collection tool. Data analysis used descriptive analysis and multiple linear regression analysis using SPSS statistics version 25. The results showed that there was a positive and significant influence between location, service and religiosity variables on customer interest in saving at Bank Syariah Indonesia Pekanbaru, either simultaneously or partially. This shows that if Bank BSI has a good location and service, as well as instilling religious values well, it will increase customer interest in saving.


Keywords


location, service, religiosity and interest in saving.

Full Text:

PDF

References


Almadea, R., & Sutrisna, E. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah Produk Penghimpun Dana Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Asmar, K. H. 2019. Pengaruh Pelayanan, Promosi, Lokasi, dan Bagi Hasil Bank terhadap Minat Nasabah Menabung pada Pt. Bank Bri Syariah Kcp Sudirman Lubuk Pakam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Assauri, S. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press

Azis, M. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Bulan, S. 2018. Bauran Pemasaran dan Pengaruhnya terhadap Minat Nasabah untuk Menabung di Tampan Bank Sulselbar. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 39-52.

Cahyati, H. D. 2017. Pengaruh Product Knowledge dan Persepsi terhadap Preferensi Menabung di Bank Syariah dengan Disposible Income sebagai Variabel Moderating (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Yasin, R. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung di Bank Jateng Syariah. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 18(1), 43-52.

Dwi, S., & Dwi, F. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Religiusitas terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bri Syariah KCP Demak dengan Kepercayaan

Emmang, G. 2016. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kurangnya Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi pada Masyarakat di Kecamatan Rappocini Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Fitriana, D. 2020. Pengaruh Lokasi dan Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Menabung pada BRI Syariah KC Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). Sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS 25 Edisi Ke-9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Indrawati, H. 2014. Determinan Permintaan Pembiayaan Syariah Determinan Permintaan Petani Kelapa Sawit terhadap Pembiayaan Syariah. Sosiohumaniora, 16(2), 137-142.

Indrawati, H. 2011. Persepsi Petani terhadap Karakteristik Produk Baru dalam Keputusan Adopsi Nasabah Pembiayaan Syariah. IJAE (Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia), 2(2), 123-142.

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Khotimah, N. 2018. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Sistem Bagi Hasil terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik. jmm17, 5(01), 123-142.

Kotler dan Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Machmud, A. dan Rukmana. 2015. Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia. Jakarta : Erlangga.

Mahadana, R. 2012. Investasi Emas Batangan untuk Orang Gajian. Yogyakarta: Khitan Publishing.

Mintarja, E., Wahab, A. A., & Masduki, U. 2017. Hubungan Pengajaran Mata Kuliah Ekonomi Islam terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(2), 189-208.

Muhammad. 2014. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Rambat, L. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Selemba Empat.

Rosyid, M., & Saidiah, H. 2016. Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri dan Guru. Islaminomics: Journal of Islamic Economics, Business and Finance, 7(2), 38-45.

Shalihat, S. P. M. D., & Maghfiroh, S. Pengaruh Religiusitas, Pendapatan, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada.

Susanti, R., Supriyanto, M. U., & Ud, S. 2020. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Lokasi terhadap Minat Menabung Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta di Bank Syariah (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Taslim, T. 2018. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank BNI Syariah KCP Wonomulyo (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Tjiptono, F. 2015. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Utama, I. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Religiusitas, Bauran Promosi, dan Lokasi terhadap Proses Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Ib Hasanah Bni Syariah Kantor Cabang Bsd (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.14.2.94-107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Rosalina Harahap, Henny Indrawati, Mujiono Mujiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.