KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI DINAS KOPERASI DAN UMKM PEKANBARU

Gimin Gimin, Rr Sri Kartikowati, Lilik Hardianti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui derajat pengaruh Kepemimpinan terhadapDisiplin kerja pegawai Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) Propinsi Riau. Penelitian ini juga bertujuan mendapatkan informasi tipeKepemimpinan yang dominan berpengaruh terhadap Disiplin kerja pegawai; danmenganalisis tipe kepemimpinan yang dominan itu secara teoritis implikatif denganmerujuk pada konsep Organisasi pembelajar (learning organization) dari PeterSenge. Responden berjumlah 37 orang pegawai Dinas Koperasi dan UMKM KotaPekanbaru diperoleh melalui teknik sampling jenuh. Data primer dikumpulkanmelalui kuesioner. Variable independen Kepemimpinan diukur menurut tipenya(Karismatik, Laisse faire, Demokratik dan Otoriter). Variabel dependen, Disiplinkerja, diukur berdasarkan indikator ketatatan pada peraturan: jadwal masuk kerja,jadwal kembali kekantor setelah istirahat, jadwal pulang kerja, serta pekerjaansesuai dengan jabatan tugas pokok, fungsi dan bidang masing-masing. Hasilpenelitian menunjukkan dari empat tipe kepemimpinan yang digunakan, KepalaDinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru sejauh ini lebih sering menggunakantipe kepemimpinan Kharismatik (51%), dengan disiplin pegawai pada umumnya(40%) sangat tinggi. Hasil analisis regresi menemukan tipe kepemimpinan secarabersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin pegawaipada signifikansi 0,02 dengan sumbangan sebesar 57,1%. Secara parsial, diantarakeempat tipe kepemimpinan tersebut, yang dominan berpengaruh terhadap disiplinpegawai adalah tipe demokratik (democratic leadership) dengan nilai t tertinggi(yaitu sebesar 1,984). Selanjutnya analisis implikatif temuan penelitian denganmenggunakan konsep Organisasi pembelajar (learning organization) menunjukkankesesuaian dan adanya peluang bagi pimpinan ber-tipe demokratik.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.4.02.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)