MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL CONTROVERSIAL ISSUES PADA MATA KULIAH EKONOMI SUMBERDAYA MANUSIA DAN ALAM

Henny Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswapada mata kuliah ESDMA melalui penerapan model isu kontroversial (controversialissue). Subjek dalam perbaikan pembelajaran ini adalah mahasiswa yangmengambil mata kuliah ESDMA semester ganjil 2011/2012 pada program studiPendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau, yang berjumlah 32 orang mahasiswa.Desain dan metode penelitian menggunakan pola penelitian tindakan kelas(classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan hasilsebagai berikut: (1) model Controversial Issue dapat digunakan sebagai modelpembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa; (2)Keberhasilan penerapan model Controversial Issue dapat dilihat dari adanya: (a)respon positif mahasiswa dalam penerapan model isu kontroversial; (b) partisipasiaktif mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran model isu kontroversial; (c)peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.4.01.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)