ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TENUNAN IKAT DAN KAIN SONGKET DEKRANASDA RENGAT

Arwinence Pramadewi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada Dewan Kerqjinan Nasional Daerah(Dekranasda) Rengat, Kabupaten TK II Indragiri Hulu, Riau. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui strategi bersaing apa yang dapat dirumuskan dan diterapkan olehindustri Tenun Ikat dan Kain Songket Dekranasda Rengat sehingga dapatmeningkatkan volume penjualannya. Metode penelitian yung dipergunakan dalainpenelitian ini adalah metode survey, dengan menggunakan metode pengumpulandata berupa wawancara dan menyebarkan beberapa questioner. Analisis data yangpenulis gunakan berupa analisis deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan,merumuskan, menguraikan dan menginterpretasikan data yang didapat kedalambentuk tabel-tabel untuk kemudian dibahas dengan berlandaskan pada teori yangada. Hasil penelitian dengan menggunakan data yang sudah ditabulasikan danmembahasnya dengan metode analisis deskriptif yang ada akan menunjukkankeunggulan-keunggulan yang dimiliki sehigga dapat berguna oleh Dekranasdadalam proses merumuskan strategi bersaingnya Hasil penelitian ini memperolehkesimpulan bahwa belum tercapainya target penjualan disebabkan oleh mahalnyaharga produk yang ditetapkan oleh Dekranasda dibandingkan dengan harga yangditetapkan oleh harga pesaing, makin ketatnya persaingan yang terjadi serta kurangintensifnya dalam melayani segmen pasar yang potensial.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.2.02.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)