PENERAPAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN BALANCED SCORECARD

Rita Wiyati, Thamrin ', Liviawati '

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengukur kinerja Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Dalam penelitian ini ada dua jenis data yang akan dikumpulkan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.Sumber Data yang digunakan yaitu:Data yang diperoleh berupa tanggapan langsung dari responden mengenai kepuasan karyawan dan pelanggan mengenai tolok ukur kinerja perusahaan yang telah ditetapkan.Data Sekunder yaitu : Data yang telah diolah yang bersumber dari perusahaan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pasien rawat jalan dan pasien rawat inap serta karyawan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru.Masing masing responden berjumlah 50 responden. Berdasarkan hasil penelitian Rumah sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru selama ini mengukur kinerja rumah sakit tersebut secara tradisional yaitu pengukuran kinerja yang hanya mengukur aspek keuangan, tanpa mengukur aspek non keuangan secara keseluruhan. . Hal ini belum mencerminkan kinerja Rumah sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru , karena selain aspek keuangan masih banyak aspek aspek lain yang sangat potensial untuk dapat diukur karena dapat menentukan hasil akhir dari kinerja rumah sakit dimasa yang akan datang dan pendapatan rumah sakit tersebut. Secara keseluruhan , seluruh persepektif balanced scorecard yang diukur pada penelitian ini menunjukkan hasil yang baik . Namun masih ada beberapa kekurangan rumah sakit yang dapat diminimalisir demi meningkatkan keuntungan perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.Kurang maksimalnya kepuasan karyawan terhadap pengembangan karier dirumah sakit memebrikan dampak yang negatif terhadap kinerja mereka, Karyawan menjadi kurang termotivasi dan kurang bersemangat dalam bekerja, yang secara otomatis dapat mempengaruhi pelayanan yang diberikan kepada pasien.Pasien yang tidak puas terhadap pelayanan rumah sakit dapat berdampak pada omset rumah sakit.Dan kondisi inilah yang pada akhirnya mempengaruhi pangsa pasar rumah sakit tersebut serta dapat mengakibatkan kerugian perusahaan.Atau Rumah sakit tidak dapat mencapai labanya dengan maksimal.

Keywords


Balanced scorecard (keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, dan pembelajaran dan pertumbuhan)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.8.2.97-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)