HAMBATAN YANG DIHADAPI GURU EKONOMI SMA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KOTA PEKANBARU

Gani Haryana, Gimin Gimin

Abstract


Tujuan kegiatan penelitian ini adalah untuk (1) mengidentifikasi kendala yangdihadapi guru Ekonomi SMA dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan (2)mengidentifikasi kebutuhan guru Ekonomi SMA untuk mengatasi kendala yangdihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.Populasi dalam penelitian iniadalah guru Ekonomi SMA Negeri di Pekanbaru, baik yang sudah melaksanakanKurikulum 2013 sejak tahun 2013 dan yang melaksanakan Kurikulum 2013 sejaktahun 2014. Sampel penelitian diambil sebanyak 14 responden yaitu mewakili setiapSMA Negeri di Pekanbaru, dimana setiap SMA diambil sampel satu guruEkonomi.Rancangan penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif. Jenis data yangdiperlukan dalam penelitian ini adalah data primer.Data dikumpulkan dengan teknikwawancara dan observasi. Untuk menganalisis data digunakan teknik deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Seluruh responden memilikikomitmen untuk menerapkan Kurikulum 2013 dengan sungguh-sungguh, (2) seluruhresponden pernah mengikuti pelatihan kurikulum 2013, (3) sebagian respondenmasih merasakan kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013, (4) kesulitanterbesar yang dihadapai responden adalah penerapan penilaian otentik yang harusdilakukan, (5) penyiapan media pembelajaran dalam rangka menghadirkan faktadalam penerapan pendekatan saintifik masih dikeluhkan oleh sebagian besarresponden

Kata kunci : Hambatan, implementasi, kurikulum 2013


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.7.2.146-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)