TREN DAN VARIASI PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL BESERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA 10 PERUSAHAAN PUBLIK TERBESAR DI INDONESIA VERSI FORTUNE PERIODE 2009-2013)

Rhia Dwiningsih, Kamaliah ', Zulbahridar '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengidentifikasi tren luas pengungkapan modalintelektual, (2) mengukur variasi luas pengungkapan modal intelektual dari laporantahunan 10 perusahaan terbesar versi fortune serta 3) menguji pengaruh antaraluas pengungkapan terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakanmetode purposive sampling, terdiri atas 10 perusahaan terbesar yang dirating oehfortune. Analisis data menggunakan trend least square untuk mengidentifikasi trenluas pengungkapan modal intelektual. Uji ANOVA digunakan untuk mengukurperbedaan variasi luas pengungkapan modal intelektual antar perusahaan. Danregresi untuk mengukur pengaruh luas pengungkapan modal intelektual terhadapkinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan hanya 5 dari 10 perusahaan menunjukkantren positif pada luas pengungkapan modal intelektual, sehingga dapat disimpulkantidak terdapat peningkatan tren. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapatvariasi pengungkapan modal internal, eksternal dan manusia di antara 10perusahaan kemudian luas pengungkapan tidak berpengaruh terhadap kinerjaperusahaan yang diproksi kan melalui ROA.

Kata Kunci : ROA, kinerja perusahaan, modal intelektual, modal internal, modaleksternal, modal sumber daya manusia, pengungkapan, variasi, tren.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.7.2.136-145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)