ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT ATAS KUALITAS PELAYANAN KANTOR KECAMATAN SIBERUT SELATAN KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Yulina Eliza '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan masyarakat pada Kantor Camat Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten
Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian penjelasan
(explanatory research), karena dalam penelitian ini berusaha mengembangkan
konsep, menghimpun fakta, dan menjelaskan hubungan kausal antara variabel
penelitian melalui pengujian hipotesa. Populasinya adalah seluruh masyarakat yang
ada di Kecamatan Siberut Selatan yang berurusan dengan aparatur Kecamatan
sedangkan metode sampling menggunakan teknik accidental sampling sehingga
ditetapkan jumlah sampel 100 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan masyarakat pada pada Kantor Kecamatan Siberut Selatan
Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diperlihatkan oleh t hitung > t tabel (10,716 >
1,645). Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian signifikansi yang menyertainya
yaitu Sig = 0,00 yang lebih kecil dari α = 0,05.

Kata kunci: pelayanan, kepuasan, kantor camat mentawai


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.7.1.65-75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)