PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DENGAN VARIABEL MODERATOR PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK

Faisal ', Yusri Hazmi, Ali Imran, Aryati '

Abstract


Penelitian ini meneliti tetang pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaranterhadap pengawasan keuangan daerah dengan variabel moderator partisipasimasyarakat dan transparansi kebijakan publik. Dalam penelitian ini, metodepegumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan survey terhadapseluruh populasi penelitian yang berada di DPRK Aceh Timur, Langsa dan AcehTamiang. Kemudian yang menjadi unit analisis adalah anggota dewan yangmembidangi komisi anggaran. Metode pengumpulan data yang dilakukan denganmenggunakan kuosioner yang kemudian dianalisis menggunakan regresi berganda.Hasil pengujian menunjukkan bahwa ; pertama, pengetahuan dewan tentanganggaran berpengaruh positif terhadap pengawasan keuangan daerah, keduainteraksi pengetahuan dewan tentang anggaran dan partisipasi masyarakatberpengaruh positif terhadap pengawasan keuangan daerah, dan ketiga interaksiantara pengetahuan dewan tentang anggaran dan transparansi kebijakan publikberpengaruh positif terhadap pengawasan keuangan daerah.

Kata kunci :Pengawasan keuangan daerah (APBD), pengetahuan dewan tentanganggaran, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.6.1.46-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)