PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PERPAJAKAN POKOK BAHASAN PPH PSL 21 DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS RIAU

Gusnardi '

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah hasilbelajar mahsiswa meningkat dengan menggunakan pendekatan problem posingdalam pengajaran mata kuliah perpajakan pokok bahasan pajak penghasilan pasal21. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun ajaran 2012/2013.Populasi sekaligus sampel adalah mahasiswa kelas A dan B Prodi PendidikanEkonomi FKIP Universitas Riau, kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas Bsebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes awal (pre test) dan tesakhir (post test). Prosedur pengumpulan data yang telah ditetapkan disusundengan prosedur yang sistematis, yaitu t a h a p p e r s i a p a n , t a h a pp e l a k s a n a a n , d a n tahap penyelesaian. Analisis data yang digunakan dalampenelitian ini adalah independent sample t-test dan paired sample t-test.Independent sample t-test untuk menguji ada tidaknya perbedaan hasil belajarantara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu paired sample t-testdilakukan untuk menguji efektivitas penerapan metode problem posing padakelompok eksperimen. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajarmahasiswa dalam mata kuliah perpajakan dalam pokok bahasan pajak penghasilanpasal 21 meningkat dengan penerapan pendekatan model pembelajaran ProblemPosing.

Kata kunci : hasil belajar, problem posing, metode konvensional


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.5.3.212-219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)