PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER

Liviawati ', Afvan Aquino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional yaitupengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosialterhadap tingkat pemahaman akuntansi ditinjau dari perspektif gender padamahasiswa akuntansi baik secara parsial maupun simultan.Penelitian inimenggunakan metode verifikatif sementara populasi dalam penelitian ini adalahmahasiswa akuntansi pada level strata satu pada Universitas Negeri dan Swasta diKota Pekanbaru. Sampel penelitian ini berjumlah 284 mahasiswa akuntansi yangdiseleksi dengan metode purposive sampling dan convenience sampling. Analisisdata yang digunakan adalah model regresi berganda baik uji-t maupun uji-F. Hasildari penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi berpengaruh terhadap tingkatpemahaman akuntansi. Semakin tinggi tingkat motivasi mahasiswa tersebut makaakan semakin meningkat pula tingkat pemahamannya terhadap matakuliahakuntansi. Pengendalian diri berpengaruh terhadap tingkat pemahamanakuntansinya. Semakin sering kita mengarahkan maka akan semakin meningkatpengendalian diri mahasiswi tersebut dan ini akan berakibat kepada semakinmeningkatnya tingkat pemahaman terhadap matakuliah akuntansi.Secara simultanbaik mahasiswa laki-laki maupun mahasiswa perempuan bahwa pengenalan diri,pengendalian diri, motivasi,empati dan keterampilan social berpengaruh terhadaptingkat pemahaman akuntansi. Pengaruh Emosional question yang diukur denganvariable pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan socialterhadap tingkat pemahaman mahasiswa untuk matakuliah akuntansi sangat kecilyaitu hanya berkisar 12% sampai dengan 17 % sedangkan factor lain yang tidakdiukur dalam penelitian ini sangat besar pengaruhnya.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, pengenalan diri, pengendalian diri, motivasiempati, keterampilan sosial, dan tingkat pemahaman akuntansi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31258/pekbis.5.2.111-121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)